Pengaruh Strategi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Presfektif Islam (Study Kasus: CV. Swalayan Relasi Jaya, Kartasura)

Authors

  • Eriza Arya Putri Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Marketing Strategy, Service Quality, Consumer Satisfaction

Abstract

This research aims to analyze the influence of marketing strategy and service quality. The natural population for this research is consumers who have shopped at CV. Jaya Relation Supermarket. Determining the sample for research II used the Simple Random Sampling method, a sampling technique used by researchers to give all members of the population an equal opportunity to be selected as sample members. Analysis uses multiple linear regression with a significance level (α) of 0.05. The results of this research show that: (1) Marketing strategy has a significant effect on consumer satisfaction, this is because marketing strategy can explain how the product is sold to consumers through promotions, prices, strategic locations. (2) Service quality has a significant effect on consumer satisfaction, this is because service quality is very important for an entrepreneur when serving consumers.

References

Agung, A. F. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. In Skripsi.

Artameviah, R. (2022). BAB II Kajian Pustaka 2.1. Landasan Teori 2.1.1. Pemasaran. Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Paa E-Commerce Shopee (Stui Pada Konsumen Shopee Di Jakarta), 12(2004), 7–25.

Artika, Tia, Olivia S, N. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran, Kualitas Pelayanan dan Nilai Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Capital Indonesia Tbk Cabang Wisma Kodel. Jurnal STEI Ekonomi, 27(01), 80–99. https://doi.org/10.36406/jemi.v27i01.158

Darmawan, Z. C., & Ridlwan, A. A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Al-Tijary, 3(2), 107. https://doi.org/10.21093/at.v3i2.1096

Eriyanti, H., & Kusmadeni, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Supermarket dI Pangkalpinang. Jurnal EkonomiDanManajemen(JEM),7(1),1–14. http://journal.stiepertiba.ac.id/index.php/jem/article/view/103/93

fawzi, H. et al. (2022). Konsep , Teori dan Implementasi.

Ilmi, M., & Zulkarnain, C. A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 66–73. https://doi.org/XX..XXXXX/Jimea

Mubarok, N. (2017). Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista. I-Economic, 3(1), 80.

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Rizal, samsul, Abdullah, I., & Violin, V. (2021). Jurnal Ekonomi dan Bisnis , Vol . 8 No . 2 September 2021 E - ISSN GABUNGAN DI INDONESIA Oleh : Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhaap Kepuasan Nasabah ada PT. Bank Rakyat Indonesia (PESERO)Tbk., 8(2), 25–33.

Slamet Bambang, R., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Kredit, Prosedur Pemberian Kredit, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Koperasi Simpan Pinjam. JIMAK, 1(3), 2809–2406.

Syamnarila, A. P., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Charles & Keith Mall Ratu Indah Makasar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(3), 15–25.

Tampanguma, I. K., Kalangi, J.A.F., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Es Miangas Bahu Kota Manado. Productivivty, 3(1), 7–12.

Tjahjaningsih, E. (2013). Pengaruh Citra Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Supermarket Carrefour Di Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 28(2), 13–27.

Downloads

Published

25-06-2024