Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Religiusitas dan Fitur M-Banking Terhadap Keputusan Kader FoSSEI dalam Menggunakan Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Pada Kader FoSSEI di Surakarta Tahun 2019-2022)

Authors

  • Jundiyah Miftahur Rohmah Fakultas Ekonomi Bisnis, Intitut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Islamic financial literacy, Islamic branding, religiosity, m-banking feature, decisions making

Abstract

This study aims to analyze how the influence of Islamic financial literacy, Islamic branding, religiosity and m-banking features on the decision of FoSSEI Surakarta cadres in using Bank Syariah Indonesia (BSI). The data analysis method used is in the from of multiple linear regression analysis. The data source in this study uses primary data using the help of statistical data analysis software SPSS 2.3. The sample in the study was 84 respondents with a data collection method trough questionaires. The results in this study show that Islamic financial literacy, Islamic branding, religiosity and m-banking features have a significant influence on the decisions of FoSSEI Surakarta cadres in using Bank Syariah Indonesia (BSI). So this study concludes that the variables of Islamic financial literacy, Islamic branding, religiosity and m-banking features are of positive value in improving the decisions of FoSSEI Surakarta cadres in using Bank Syariah Indonesia (BSI).

References

Adiba, E. M., & Wulandari, D. A. 2018. Pengaruh Halal Knowlage, Islamic Religiosity, dan Attitude Terhadap Behavior Konsumen Muslim Generasi Y Pengguna Kosmetik Halal di Surabaya. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia

Alkhowaiter, WA 2020. Pembayaran Digital dan Penelitian Adopsi Perbankan di Negara-Negara Teluk: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 53, 1-7. 102102.

Ancok, D dan Suroso F. N. 2020. Psikologi Islami Solusi Islam Atas ProblemProblem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmy, M., Mohd, B., Thaker, T., Amin, F. Bin, Bin, H., Thas, M., Bin, A., & Pitchay, A. 2018. Apa yang membuat nasabah mobile banking Islam tetap setia?. Jurnal Pemasaran Islam, 10(2), 525-541.

Baabdullah, AM, Alalwan, AA, Rana, NP, Kizgin, H., & Patil, P. 2019. Penggunaan mobile banking (MBanking) oleh konsumen di Arab Saudi: Menuju model yang terintegrasi. Jurnal Internasional Manajemen Informasi, 44 (September 2018), 38–52.

Bank Indonesia. 2019. Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025 Bank Indonesia : Menavigasi Sistem Pembayaran Nasional di Era Digital. Bank Indonesia.https://www.bi.go.id/.../IndonesiaPayment-Systems-Blueprint-2025- Presentation.pdf

Djuwita, D., & Yusuf, A, A. 2018. Tingkat Literasi Keuangan Syariah Di Kalangan UMKM Dan Dampaknya Terhadao Perkembangan Usaha. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 10 (1).

Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fahmul Iltiham, M, (2017). Analisis penerapan sistem pengendalian internal terhadap keputusan persetujuan pembiayaan musyarakah di PT. BPR syariah jabal tsur pandaan. Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Yudharta Pasuruan OJS: http://jurnal.yudharta.ac.id/ v2/index.php/maliaVolume 8, Nomor 2, Juni 2017.

Fatinah, A., & Fasa, M. I. 2021. Analisis Kinerja Keuangan, Dampak Merger 3 Bank Syariah BUMN dan Strategi Bank Syariah Indonesia (BSI) Dalam Pengembangan Ekonomi Nasional. 34(1), 11.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafiz, M. 2017. Pengaruh Islamic Branding dan perilaku Religius Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Pada Produk Kosmetik Wardah. Skripsi FEB UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta

Handayani, R., Darwini, S., & Agustiani, E. 2018. Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Mataram). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis. 6 (2), 47–59

Herliansyah, Y., Nugroho, L., Ardilla, D., & Putra, Y. M. 2019. The Determinants of Micro , Small and Medium Enterpreneur ( MSME ) Become Customer of Islamic Banks (Religion , Religiousity and Location of Islamic Banks). ACEBISS Journal. 2

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Ed Isi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kotler, Philip dan Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Dua Belas Jilid 1. Jakarta. Erlangga

Kurniawati, Hanif Astika, E. a. 2017. Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Dan Bisnis Uiversitas Jember, 4 No. 1.

Lestari M A. 2015. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Skripsi

Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam (JHI). 13 (2): 79-87.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event edisi revisi. Bandung: Alfabeta

Nurrohmah, R. & Purbayati, R. (2020). Pengaruh tingkat literasi keuangan syariah dan kepercayaan Masyarakat terhadap minat menabung di bank syariah. Politeknik Negeri Bandung.

Otoritas Jasa Keuangan.2019. Hasil Survei Nasional Literasi Keuangan. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Snapshot Perbankan Syariah 2022.

Purnama, H. M., & Yuliafitri, I. 2019. Efektivitas Gerakan Literasi Keuangan Syariah Dalam Mengedukasi Masyarakat Memahami Produk Keuangan Syariah. Banque Syar’i : Jurnal Llmiah Perbankan Syariah, 5 (1), 10

Pousttchi, K., & Schurig, M.. 2004. Penilaian aplikasi mobile banking saat ini dari pandangan kebutuhan pelanggan.. Prosiding Konferensi Internasional Hawai tentang Ilmu Sistem, 5 – 8 Januari 2004, Big Island, Hawaii.

Ranto, D. W. P. 2016. Menciptakan Islamic Branding Sebagai Strategi Menarik Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 1(2).

Remund, D.L. 2010. Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs (Vol. 44(2)).

Rusli, Muhammad. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Berorientasi Praktis. Madura: LP3M “Paramadani”

Ruwaidah H S. 2020. Pemgaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam Vol. 1, No. 1, 79-106.

Santoso, I. 2019. Branding Islam dan Religiusitas Individu Pada Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Bank Syariah. BASKARA: Journal of Bussiness and Entrepreneurship, 2(1), 1-12.

Shankar, A., & Rishi, B. 2020. Masalah kenyamanan dalam niat adopsi mobile banking?. Jurnal Pemasaran Australasia, Vol. di depan-p (di depan-cetak).

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Susilowati, Enny. 2016. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequency Ratio (CAR) dan Non Perfoming Financing (NPF) Terhadap Tingkat Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2011-2015. Skripsi: Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Temporal, P. (2011). Islamic Branding And Islamic, Marketing. Creating A

Global Pte., Business. Singapore: John Wiley & Sons.

Wijanarko A & Rachmawati L. 2020.Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam Vol. 3, No 1, 104-116.

Yusuf, Nor, dkk. 2014. Muslim’s Purchase Intention Toward Non Muslim’s: Halal Puckaged Food Manufacturer. Procedia-Social And Behavioral Sciences 130

Zhou, T., Lu, Y. & Wang, B. 2010. Mengintegrasikan TTF dan UTAUT untuk menjelaskan adopsi pengguna mobile banking. Jurnal ulasan kritis Lihat statistik publikasi Adopsi Perbankan Seluler: Tinjauan Komputer dalam Perilaku Manusia, 26(4), 760-7

Zuhirsyan, Muhammad. dan Nurlinda. 2018. Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Bank Syariah. Al-Amwal: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 10, No 1

Downloads

Published

25-12-2023