Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan dan E-Commerce Terhadap Minat Mahasiswa Prodi S1 Ekonomi Syariah ITB AAS Indonesia dalam Berbisnis Online Syariah

Authors

  • Latifah Ramadhani Fakultas Ekonomi Bisnis, Intitut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Entrepreneurship knowledge, environment, e-commerce, interest sharia online Business

Abstract

This study aims to determine the effect of entrepreneurial, environmental and e-commerce knowledge on the interest of AAS Indonesia Institute of Business Technology (ITB) students in Sharia online business. This research is a quantitative study with a population of Islamic Economics study program students at the AAS Indonesia Institute of Business Technology (ITB), samples were taken using the slovin formula and the sampling used non-probability sampling technique. Data analysis using multiple linear regression. This study explains that the t test on the entrepreneurial knowledge variable has a t count of 3,533 > 1,99495 and sig α (0,001 <0,05) meaning that the entrepreneurial knowledge variable has a significant effect on the interest of ITB AAS Indonesian students in doing business online according to Sharia. The environmental variable t count is 3,307 > 1,99495 and sig α (0,02 <0,05) means that the environmental variable has a significant effect on students' interest in doing business online according to sharia. The e-commerce variable has t count 1,583 < 1,99495 and sig α (0,118 > 0,050) meaning that the e-commerce variable has no significant effect on students' interest in doing business online according to Sharia. The results of the F test show that the significance value is 0,000 <0,05 and the calculated F is 40,923 > 2,735541 meaning that the variables of entrepreneurial knowledge, the environment and e-commerce together (simultaneously) have a significant effect on students' interest in doing business online according to sharia. Adjusted R Square value of 62,5%. This means that 62,5% interest in doing business online according to Sharia in ITB AAS Indonesia students is influenced by entrepreneurial, environmental and e-commerce knowledge variables and 37,5% is influenced by other variables.

References

Aco, A., & Endang, H. (2017). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing).

Andriana, A. N., Aisha, Z., Kusuma, A. N., & El Maura, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Shopee untuk Meningkatkan Minat Berbisnis Secara Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri).

Anggraini, Y. (2020). Pengaruh Kemandirian Pribadi dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Usaha Pada Mahasiswa Ekonomi Islam IAIN Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).

Anggriawan, D., & Setiawan, T. (2018, September). Analisis Pendapatan Dan Biaya Relevan Pada Peralihan Bisnis Offline Toonline (Studi Kasus Pada Toko Fashion Hproject). In National Conference of Creative Industry.

Astuti, I. W. (2022). Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3), Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja (Studi Kasus Pegawai Spbu Pertamina Wilayah Tebet, Jakarta Selatan) (Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Fajrina, S., Nulhakim, L., & Taufik, A. N. (2022). Pengembangan Instrumen Performance Assessment Praktikum Untuk Mengukur Keterampilan Proses Sains (Kps) Siswa Smp Kelas Viii Pada Tema Makananku Kesehatanku. Pendipa Journal Of Science e Education.

Fatimah, E. S. R., & Sapitri, N. A. (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Pedagang Online Di Kota Makassar Dalam Perspektif Islam.

Fatriansyah, A. I. A. (2020). Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan.

Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam.

Gultom, E. (2021). Pengaruh E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Program S1 Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau Pekanbaru). Journal Of Business And Economics Research (Jbe).

Hamdani, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Pengetahuan Kewirausahaan, Ekspektasi Pendapatan Dan E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta).

Inayati, F. E. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Sikap, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa Aktif Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia yang Memiliki Usaha Pribadi).

Jayanti, G. (2014). Penerapan E-Commerce Dalam Proses Komunikasi Pemasaran Di Toko East Kalimantan Center Samarinda. E Journal Ilmu Komunikasi.

Juwita, R. I., & Mutawali, M. (2022). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Net Profit Margin, Total Asset Turnover Ratio Dan Earning Per Share Terhadap Kinerja Keuangan Pt Asahimas Flat Glass Tbk Periode 2012-2021. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya. Kitae, A. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu (Doctoral dissertation, IAIN Palu).

Lovita, E., & Susanty, F. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen.

Maleha, N. Y. (2016). Manajemen bisnis dalam Islam. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah

Nasikhin, T. (2019). Pengaruh motivasi, lingkungan keluarga dan pendidikan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa dalam berbisnis online (studi pada mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan) (Doctoral dissertation, IAIN Pekalongan).

Nuraini, D., & Evianah, E. (2019). Analisis perbedaan kepuasan konsumen terhadap pembelian produk baju secara online dan offline. Ekonomi-Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi.

Prastiwi, I. E., Fitria, T. N., & Kusuma, I. L. (2020). Sosialisasi Penggunaan Online Shop Berbasis Syariah Di Dukuh Sanggrahan Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Putra, F. T., Ekawarna, E., & Rosmiati, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berbisnis Online Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi 2020. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial..

Rahayu, A. (2015). Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung Angkatan 2013 & 2014. Jurnal Pendidikan.

Rohman, H. A. (2022). Proses Bimbingan Belajar Al-Qur’an Pada Santri Kelas Pemula Di Pondok Pesantren An-Nadwah Buntet Kabupaten Cirebon (Doctoral Dissertation, Iain Syekh Nurjati).

Safitri, A. D. Potret Dokumentasi Indonesia.

Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Kewrirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa Feb Upi Yai. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika.

Sari, B., & Rahayu, M. (2020). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Kewrirausahaan Dan Penggunaan E-Commerce Pada Peningkatan Minat Berwirausaha Mahasiswa FEB UPI YAI. Jurnal Ikra-Ith Ekonomika.

Sinaga, S. E. A. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Dan Perceived Risk Terhadap Minat Pengguna Jasa Transportasi Online In-Driver Di Kota Medan.

Timur, P. A. K. G. J. (1999). Perniagaan Online Syariah: Suatu Kajian dalam Perspektif Hukum Perikatan Islam. Electronic Business, 2.

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika.

Yusnandar, W. (2017). Analisis determinan minat berbisnis online di kalangan mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen.

Downloads

Published

25-12-2023