Pengaruh Bauran Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Tingkat Penjualan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Bakso Sera Simo, Boyolali)
Keywords:
Marketing Mix, Product Innovation, Sales LevelAbstract
This study’s purposes is determine the effect of marketing mix and product innovation on sales levels in terms of Islamic business ethics (case study at Bakso Sera Simo). Quantitative method using questionnaire techniques, interviews and literature studies are used in this this research for data collection. The sample selected in this study were 100 samples of Bakso Sera Simo consumers. Multiple linier regresion is used for data analyst. Here is the result of the reserach (1) the marketing mix variable partially on the sales level is tested through the t test which shows the sig value in the t test of 0.020 <0.05 means marketing strategy partially influences sales level significantly; (2) the product innovation variable partially on the sales level is tested through t test 0.000 <0.05 means product innovation partially has a significant effect on the sales level.References
Arisa, Nuri. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung). (Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung)
Barcelona, Oktavianus, Tinneke M, dan Tumbel John A. F. K. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 8 (2)
Fathanul, Vichqi. (2022). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian BTS Meal McDonald's. (Studi Kasus Di Wilayah Cakung Jakarta Timur). (Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta)
Fitria, Ervin Nur. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Customer Relationship Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Perspektif Ekonomi Islam Pada Usaha Mikro Aisy Felt Craft. (Skripsi, ITB AAS Indonesia)
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hamidah, Dody Radiansah, dan Muflihah Ramadhia. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Produk Minuman Aloevera SP. Di Kota Pontianak (Studi Kasus Pada Ikm I Sun Vera). Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA). Vol. 5 (1)
Hantono. (2018). Konsep Analisa Laporan Keuangan dengan Pendekatan Rasio dan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.
Husain, Muhammad Fachri, Bunyamin & Idris, Muhammad. (2020). Pengaruh Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT Tiran Tambring di Makassar.Jurnal STIE YPUP Makassar. Vol.01,NO.2
Kotler dan Keller. (2014). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong. (2014). Principles of Marketing Fifteenth Edition. Pearson Education : England.
Kotler, Philip dan Kevin, Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.
Priatna,Andriana dan Sandi Suprajang, Sandi Eka. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK). Vol. 1 (1)
Rustianti, Dwi Putri dan T.S. Reza, S.E., M.M. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Produk Wifi.Id Di PT. Telkom Indonesia Wilayah Jakarta Pusat. Jurnal Ekonomi Bisnis. Vol (2).2
Sidiq, Feni Mariana. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pada Natasha Skin Center Enggal Bandar Lampung). (Skripsi, IAIN Raden Intan Lampung)
Sugiyono, P. Dr. 2019. “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26).”Bandung: Cv Alfabeta 1 – 334.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna (2015). Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Susilowati, Enny. 2016. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap tingkat Likuiditas Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2011-2015.Skripsi: Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.
Tamamudin. (2014). Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 12, Nomor 2
Wardani, Rike Kusuma. (2017). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Volume Penjualan Pada UD Abadi Mulya Kediri. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi Bisnis. Vol. 6 (2)
Yuniati, Ika dan Taya Angelita.2022.Bakso hingga Siomai Berikut 5 Kuliner Pedas di Boyolali yang Wajib Dicoba. Artikel.