Pengaruh Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Perspektik Ekonomi Islam (Studi Pada Konsumen Muslim yang Mengkonsumsi Beras C4 Raja)
Keywords:
Brand, Price, Product Quality, Customer SatisfactionAbstract
This study aims to determine the effect of brand, price, and product quality on Muslim customer satisfaction in consuming C4 Raja rice. This research uses a survey method using quantitative analysis. The population of this study is Muslim customers who consume C4 Raja rice at the Jatimulyo Market Mudal Boyolali as many as 600 people. Data through a sample questionnaire taken as many as 86 respondents. In statistical analysis, the authors used data analysis test, classic assumption test, and hypothesis testing using multiple linear regression, t test, f test, and coefficient of determination test. Based on the research results it is known that there is no significant effect between brand and Muslim customer satisfaction in consuming C4 Raja rice. Meanwhile, price and product quality variables significantly influence Muslim customer satisfaction in consuming C4 Raja rice.References
Agung, A. F. (2018). Ananlisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Atmaja, A. A. & R. Chandra. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Daihatsu Sigra (Studi Kasus Daihatsu Sales Operation Jakarta Utara). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. 1-25.
Badan Pusat Statistik. (2020). Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020. Semarang.
Badan Pusat Statistik. (2023). Kenaikan Harga Beras Tahun 2023. Jakarta.
Dilla, P. A. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Beras Lokal (Studi Kasus Pada Toko Beras Hijrah Di Toko Makassar). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar.
Kurniawan, D. A. & M. Z. Abidin. (2018). Pengantar Pemasaran Islam (Konsep, Etika, Strategi, dan Implementasi). Jawa Timur: Lembaga Penerbitan Universitas Darussalam Gontor.
Patmawati, N. S. & R. Syarif. (2020). Pengaruh Harga Citra Merk Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Emina Di Mall Kota Kasablanka. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika. Vol. 3, No. 3: 73-83.
Pratama, A. R., Sudrajat & R. Harini. (2019). Analisis Ketersediaan dan Kebutuhan Beras di Indonesia Tahun 2018. Media Komunikasi Geografi. Vol. 20, No. 2: 101-114.
Prihtanti, T. M. & M. Pangestika. (2020). Dinamika Produktivitas Padi, Harga Eceran Beras (HEB), dan Harga Pembelian Pemerintah (HPP), serta Korelasi antara HPP dan HEB. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI). Vol. 25, No. 1: 1-9.
Purnawijaya, F. M. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kedai 27 Di Surabaya. AGRO. Vol. 7, No. 1.
Rizal, A. N., A. S. Alam & F. Wahyuni. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Beras Merah Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di CV. PURE Cianjur). Jurnal Agrita. Vol. 2, No. 2: 116-136.
Rochaety, E., R. Tresnati & A. M. Latief. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Wirayanthy, N. & S. Santoso. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara. Vol. 2, No. 1: 87-96.