Pengaruh Promosi, Label Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina
Keywords:
Promotion, Halal Label, Brand Image, Purchase DecisionAbstract
This study aims to determine the effect of promotion, halal labeling and brand image on purchasing decisions for Emina cosmetics for ITB AAS Indonesia students. This study uses a quantitative approach method using random sampling techniques. The results showed that the results of the t test on the promotion variable generated from t count > t table of 2.359 > 1,660 then Ho was rejected, which means that the promotion variable has a significant effect on purchasing decisions. The results of the t test on the halal label variable resulting from t count < t table of - 0.190 > 1, 660 Ho is accepted, which means that the halal label variable has no significant effect on purchasing decisions. The results of the t test on the brand image variable resulting from t count > t table of 6.077 > 1,660 Ho is rejected, which means that the variable has a significant effect on purchasing decisions. The results of the f test show that the value of f count is 58.250 and f table is 2,70 then f count > f table or 58.250 > 2,70 H0 is rejected, which means that the variables Promotion, Halal Label and Brand Image together (simultaneously) affect purchasing decisions.References
Adhitya, W. R. (2019). Analisis Perilaku Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Terhadap Pengambilan Keputusan Kredit Di Koperasi Simpan Pinjam Baitul Maal Wattamwill (Bmt) Medan Johor. Accumulated Journal, 1(2), 142–159.
Alma, P. H. 2014. Pengantar Bisnis edisi revisi. Bandung: Alfabeta.
Amelia, Rizka. 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Produk Kosmetik Emina Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Generasi Z di Sumatera Selatan). Skripsi. Jakarta. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anggraini, S. d. 2019. "Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Di BMT Adzakiyah Khidmatul Ummah Di Kota Metro". Cam Journal. No 2, (2019): 439-449.
Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Kota Batam. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 1(1), 56–70.
Dema, F. U. H., & Rokhman, N. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Blush On Emina di Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 213–234.
Febtiani. (2021). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Lip Product Emina Melalui Citra Merek,
Juli, E. K. (2022). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Brand Love Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Pengguna Aplikasi Tiktok Pada Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 1–13.
Kurniawan, G Albert. 2019. Usulan Perancangan Metode 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke) Pada Sumber Sejarahtera Pertama Semarang. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Semarang.
Khasanah, A. N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Kosmetik Berlabel Halal Pada Mahasiswa Fakultasekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.
Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Solo Raya. Creative Research7
Nasution. L. M. 2017. "Statistik Deskriptif". Jurnal Hikmah. No 1, (2017): 49-55.
Nasution, Yohana Rizky Nindari. 2019. Pengaruh Kemasan, Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2017 Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan). Skripsi. Padangsidimpuan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis IAIN Padangsidimpuan.
Ningsih, A. R. (2022). Pengaruh Label Halal, Citra Produk Dan Harga Dalam Keragaman Kosmetik Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Ririnis Shop Bandar Lampung). Pengaruh Label Halal, Citra Produk Dan Harga Dalam Keragaman Kosmetik Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Perspektif Bisnis Syariah (Studi Pada Ririnis Shop Bandar Lampung), 10–27.
Rafita, H. Z. (2017). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2013-2016 UIN Raden Intan Lampung). PhD Proposal, 1(October), 1–157.
Saba’ Firdaus, B. R. (2022). Pengaruh Promosi Islami Dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Bmt Hasanah. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 3(1), 49–69.
Safira, Anggita M dan Prayudi Setiawan Prabowo. 2020. "Pengaruh Kualitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah, Makeover dan Emina". Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam. No. 2, (2020): 139-151.
Sanusi, A. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Songadji, E. M. 2010. Metodologi Penelitian-Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan-Teori & Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
Swastha, B. DH. 1993. Pengantar Bisnis Modern edisi ketiga. Yogyakarta: Liberty, Yogyakarta.
Wardah, P. K., & Emina, M. D. A. N. (2020). Volume 3 Nomor 2, Tahun 2020 Pengaruh Kulitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah, Makeover Dan Emina. 3, 139–151.
Widyaningrum, P. W. (2016). Pengaruh Label Halal Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wardah Di Ponorogo). Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 6(2), 83–98.