Pengaruh Letak Lokasi, Konsep Syariah dan Price Discount Terhadap Keputusan Guest untuk Menginap di Syariah Hotel Solo
Keywords:
Letak Lokasi, Konsep Syariah, Price DiscountAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh letak lokasi, konsep syariah dan price discount terhadap keputusan guest untuk menginap di Syariah Hotel Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Sempel yaitu metode pengumpulan data dengan mengunakan kuisioner online maupun secara langsung. Sedangkan modal analisa yang digunakan adalah regrisi linier. Berdasarkan hasil analisa menunjukan bahwa letak lokasi begitu berpengaruh signifikan terhadap keputusan guest selama menginap di Syariah Hotel Solo, Berdasarkan analisa konsep syariah terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan guest yang menginap di Syariah Hotel Solo berdasarkan hasil responden guest yang pernah menginap sedangkan untuk price discount terdapat pengaruh signifikan terhadap keputusan guest dan menjadi salah satu strategi pemasaran untuk menarik guest agar mengunakan dan mengambil potongan harga guest merasa di untungkan dan menimbulkan pesanan lebih banyak dari sebelumnya yang dapat menimbulkan base occupancy hotel.References
Abdullah, T., & Pebriyanti, K. (2016). “Pengaruh Program Green Hotel Terhadap Keputusan Menginap Di The Royale Krakatau Hotel Cilegon Banten”. Tourism and Hospitality Essentials (The) Journal, Vol VI No.1.
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Adelia, Putri Chika. 2022. “Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Rumah Belanja Surya Sukabumi Kota Bandar Lampung).”
Adler, Patricia A., & Adler, Peter, Membership Roles in Field Research, Newbury Park, CA: Sage Publication, 1987.
Adiati, Maria Pia, and Agung Gita Subakti.2016. “Overview Kepuasan Pelanggan: Studi Kasus Pelayanan Rijstaffel Di Restoran Oasis.” Binus Business Review 6, no. 2.321.
Afzalurrahman. 1997. Muhammad Sebagai Seorang Pedagang, Jakarta: Yayasan Swarna Bhumy.
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Annishia, Fristi Bella dan Prastiyo, E. “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier The Hive Jakarta The Effect Of Prices And Facilities On Guest Stay At The Best Western Premier The Hive Hotel Jakarta.” Jurnal Hospitality dan Pariwisata 4, no. 1 (2019): 1–85. http://journal.ubm.ac.id/.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ayik Pusakaningwati, & Misbach Munir. 2020. Pengaruh Harga, Tata Letak, Kenyamanan Belanja, Kelengkapan Produk, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Sikap Konsumen dengan Pendekatan Regresi Linier Berganda. JKIE (Journal Knowledge Industrial Engineering), 7(2), 70-79.
Bellia Annishia, Fristi, Eko Prastiyo, 2019. Jl Dewi Sartika, and Jakarta Timur. “Pengaruh Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu Di Hotel Best Western Premier the Hive Jakarta The Effect of Prices And Facilities On Guest Stay At The Best Western Premier The Hive Hotel Jakarta.” Jurnal Hospitality dan Pariwisata 4, no. 1: 1–85.
Belch, George E. dan Belch, Michael A. Advertising and promotion: an Integrated Marketing Communication Perspective. 8th Edition. New York: McGraw Hill, 2009.
Berman, B., & Evans, J. R. Retail Management: A Strategic Approach. Tenth Edition.Prentice Hall.
Chaniago, N. S. (2018). Pengaruh Bauran Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Kuliah Pada Politeknik Unggul LP3M. JIPI, 2(1), 38–50.
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research, 295, 336
Djarwanto. 1994. Pokok-Pokok Metode Riset dan Bimbingan Teknis Penulisan Skripsi. Yogyakarta: Liberty.
Ety Rochaety dan Ratih Tresnanti, Kamus Istilah Ekonomi, (Jakarta Bumi Aksara, 2005), h. 71
Evelyn, W dan Rudi, K. 2016. Pengaruh Kelas Sosial, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Platinum Kejayasindo.Jurnal Ilmiah Manajemen Vol.4, No. 1.
Fatchurohman. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Menginap Konsumen Di Hotel Kudus Permata Slawi.” Universitas Negeri Semaraang, 2011.
Fifilia, Suzy Widyasari dan Erna Triastuti. 2009.“Pengaruh Produk, Harga, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah”.
Fritzsimmons, J.A. dan Fritzsimmons, M.J. 2008. Service Management: Operations, Strategy, Information Technology, 7th edition. New York: McGraw-Hill/Irwin.
Gumilang, Wayan Aris, and Ketut Nurcahya. 2016. “Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia PENDAHULUAN Globalisasi Telah Menimbulkan Persaingan Pada Bisnis Global Sehingga Komplek.” E-Jurnal Manajemen Unud 15(3):1859–88.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam SPSS. Edisi Keempat. Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gultom, Lia Silvera, and Fariaman Purba. “Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Sepatu Alaspat Pematangsiantar.” Manajemen: Jurnal Ekonomi 1, no. 1 (2020).
Haris Imawan, 2019. Analisis Strategi Pemasaran Syariah Dalam Penjualan Produk Bersaing Di Toko Saudi Store Batoh.
Hariyadi, Guruh Taufan. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja Di Minimarket (Studi Pada Indomaret Dan Alfamart Di Semarang).” Jurnal Penelitan Ekonomi Dan Bisnis 1(1):16–32. doi: 10.33633/jpebv1i1.1475.
Hayat, A.W.M. “Pengaruh Lokasi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Ouval Research Di Buahbatu Bandung.” Journal Marketing (2012): 1–16.
Heizer, J dan Render. 2015. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan, edisi 11. Jakarta: Salemba Empat
Hidayat, Muhammad Riski. “Strategi Pemasaran Hotel Syariah Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Grand Dafam Rohan Jogja-Dhm Syariah) Marketing Strategy of Sharia Hotel In The Perspective Of Sharia Marketing (Case Study In Grand Dafam Rohan Jogja-Dhm Syariah).” Skripsi (2021).
Huda, Choirul. 2016. “Model Pengelolaan Bisnis Syari’ah: Studi Kasus Lembaga Pengembangan Usaha Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang.” Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 24(1):165. doi: 10.21580/ws.24.1.1140.
Jusuf, I. S. H., Laela, & Sari, F. N. (2018). Pengaruh Periklanan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Grand Dafam Bela Ternate (Studi Pada Tamu Yang Menginap Di Hotel). Jurnal Manajemen Sinergi, 5(2), 1–18.
Kasmir. 2009. “Pengaruh Faktor- Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan” .
Keraf, Sonny. A. 1998. Etika Bisnis, Tuntutan dan Relevansinya, Yogyakarta: Kanisius
Keller, P. K. K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Kirana Dyah Lutfia. 2012. “‘Peranan Discount Pada Produk Fashion Dengan Pembelian Impulsif (Impulsive Buying) Pada Remaja Di Sma Negeri 8 Malang.’” Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (Uin) Maulana Malik Ibrahim Malang 13.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management.15th . Global Edition Pearson Education Inc.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 8. Jakarta: Erlangga.
Kristanto, V. D., & Wahyuni, D. U. 2019. Pengaruh Fasilitas Dan Promosi Terhadap Keputusan Menginap Di The Win Hotel Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8, 2
Manullang, M. (2015). Pengantar Bisnis (Cetakan ke-2). Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Cannon, Perreault dan McCarthy. 2009. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global Buku 2 Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat
Meilani Husnul, Fatimah. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack Dan in-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying.” Manajemen Universitas PGRI Yogyakarta 3, no. 5 (2019): 1–3.
Nasib. 2019. Optimalisasi Personal Selling, Lokasi Dan Harga Dalam Meningkatkan Keputusan Mengikuti Program Kepemilikan Rumah KPR Tipe 36. Jurnal Mantik Penusa, 3(1), 14–20.
Ningtyas, MN. 2018. “Bab III - Metode Penelitian Metode Penelitian Industri Manufaktur.” Metode Penelitian 32–41.
Norvadewi. 2015. “Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif)”. Jurnal Al-Tijary 1(1): 3-46
Nur sa’adah, Ida. “Konsep Bisnis Syariah Pada Hotel Familie 2 Syariah Kota Metro,” 2020. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/638/1/SKRIPSI IDA - Perpustakaan IAIN Metro.
Nurcahya, Wayan Aris Gumilang I Ketut. “Pengaruh Price Discount Dan Store Amosphhere Terhadap Emotional Shoping Dan Impulse Buying,” 2016.
Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat.
Peter dan Olson. 2014. Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan, buku 2. Jakarta: Salemba empat.
Peterson, Littlefilid 1945. “Strategi Lokasi Dan Tata Letak,”
Rachman, Tahar. 2018. “Pengaruh Citra Toko Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Laksana Motor Tasikmalaya.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 10–27.
Rosdianti, Maharani F. Suarka, and I. Nyoman Tri Sutaguna. 2018. “Analisis Ketersediaan Fasilitas Tamu Penyandang Disabilitas Di Hotel Kawasan ITDC Nusa Dua (Studi Kasus Inaya Putri Bali Dan Melia Bali).” Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitality 2(3):271–85
Saepul, Setia Ahmad, Nurdiana Mulyatini, and Faizal Haris Eko Prabowo. “Analisis Faktor-Faktor Penetapan Lokasi Strategis Perusahaan PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis Sebelum Dan Sesudah Renovasi (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Cabang Kantor Pos Ciamis).” Business Management and Entrepreneurship Journal 1, no. 2 (2019): 25–41.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sonata, Ilham. 2019. “Pengaruh Price Discount Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) 4(1):46–53.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2016), 14.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Cetakan Kedua Puluh Tiga. Bandung: Alfabeta. -----------. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumaatmadja, N. 1981. Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Bandung: alumni.
Suwarman, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran Edisi Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sri Tenriala, 2018. Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Pelayanan. Pada Rumah Makan Wong Solo Cabang Makassar,
Swastha, Basu. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Tarigan, R. 2006. Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jakarta: Bumi Aksara.
Tenriala, Sri. 2018. “Pengaruh Lokasi, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Wong Solo Cabang Makassar.” Universitass Muhammadiyah Makassar 13(April):50.
Tinggi, Sekolah, Ilmu Ekonomi, A. A. S. Surakarta, Sekolah Tinggi, Ilmu Ekonomi, and A. A. S. Surakarta. 2019. “Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Perumahan Abdul Haris Romdhoni 1).” (September):113–18.
Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi
Wardana, D., dan Hidayat, W., "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Menginap Hotel Studio Inn & Suites (Studi Pada Konsumen Hotel Studio Inn & Suites Semarang)," Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 707-712, Apr. 2021.
Widyana. “Pengaruh Price Discount Terhadap Keputusan Impulse Buying Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pelanggan Alfamart di Kota Metro),” 2020. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3677/1/SKRIPSI WIDYANA.
Wulandari, D. F., Zaid, S., & Sinarwaty. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen (The Effect of Marketing Mix on Consumer Decision). Jurnal Manajemen Bisnis Dan Organisasi, 3(1), 30–39.
Yusanto dan Widjajakusuma, 2015. Menggagas Bisnis Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 15