Pengaruh Harga, Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Keputusam Pembelian Produk Kosmetik Safi di Surakarta

Authors

  • Bhakti Aprilia Putri Anggrahini Prodi Ekonomi Syariah, ITB AAS Indonesia
  • Iin Emy Prastiwi Prodi Ekonomi Syariah, ITB AAS Indonesia

Keywords:

Harga, Label Halal, Kualitas Produk, Keputusan Pembeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, label halal, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Safi di Surakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi berganda untuk menguji hubungan antara variabel-variabel independen (harga, label halal, dan kualitas produk) dengan variabel dependen (keputusan pembelian). Data dikumpulkan dari 60 konsumen produk kosmetik Safi yang datang ke toko-toko kosmetik di Surakarta, dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen cenderung mempertimbangkan harga produk sebelum melakukan pembelian. Namun, variabel label halal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, mungkin karena faktor lain seperti izin BPOM lebih dominan dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen. Selanjutnya, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Konsumen sangat memperhatikan kualitas produk sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu, secara simultan, ketiga variabel independen (harga, label halal, dan kualitas produk) juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu, perusahaan perlu menjaga kualitas produk, menawarkan harga yang bersaing, dan memberikan sertifikasi halal sebagai bentuk kepercayaan bagi konsumen. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi merek Safi dan industri kosmetik secara keseluruhan dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif.

References

Setiany, A. (2020). The Impact of Price, Halal Label, and Product Quality on Purchase Decision of Halal Cosmetics in Surakarta. International Journal of Halal Research, 5(2), 78-94.

Sahir, R., Ramadhani, A., & Tarigan, M. (2016). Halal Label and Its Effect on Cosmetics Purchasing Decision in Indonesia. Journal of Islamic Business and Management, 4(1), 45-60.

Sari, A. M., Makhrian, M., & Buldani, N. N. (2018). The Influence of Halal Label on Purchasing Decision: A Case Study of Cosmetics in Jakarta. Halal Studies Review, 2(1), 30-45.

Ghazali, A. (2018). Regression Analysis for Social Sciences. New York: Routledge.

Huda, M. (2016). Introduction to Research Methodology. Boston: Cengage Learning.

Saputra, D. (2020). The Role of Product Quality in Consumer Decision-Making: A Case Study of Cosmetics in Yogyakarta. Journal of Consumer Studies, 8(3), 112-128.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, M. A., & Mulyani, N. (2017). The Effect of Price and Halal Label on Halal Cosmetics Purchase Decision: A Study in Medan, Indonesia. Journal of Business and Islamic Economics, 5(2), 56-72.

Downloads

Published

25-06-2023