Pengaruh Persepsi Masyarakat, Pengetahuan dan Budaya Masyarakat Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah di Wilayah Kabupaten Klaten
Keywords:
Perception, Knowledge, Culture, Interest in Using Islamic Bank ProductsAbstract
The presence of shari'ah banks in the midst of conventional banking is to offer an alternative banking system for Muslims who need or want to obtain banking services without having to violate the prohibition of usury. The birth of Islamic banks in Indonesia was driven by the desire of the Indonesian people (especially the Islamic community) who held the view that interest was usury, so it was prohibited by religion. This study aims to determine the influence of perception, knowledge and culture of the community on interest in using Islamic bank products. In this study, 100 respondents were taken to the community in the Klaten Regency area by distributing questionnaires. multiple linear regression analysis model using SPSS program version 23.0. The results showed that partially the variable had an influence of 2,790, the Knowledge variable had an influence of 1,587 and the Cultural variable had an influence of 3,983 on Public Interest in Using Islamic Bank Products to the Islamic banking party to more intensively socialize Islamic bank products and services to the public, offices and other institutions so that Islamic bank products & services are better known by the public.References
Abrori, S. (2020). Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi.
Darmawan, A., Indahsari, N. D., Rejeki, S., Aris, M. R., & Yasin, R.(2019). Analisis Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung di Bank Jateng Syariah.
Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 18(1), 43-52.
Djali. (2008). Psikologi Pendidikan. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Elyani, Yanti. (2010). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Tulis Al-Q’uran (BTQ) Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Enterprise, Jubilee. (2014). SPSS untuk Pemula, Yogyakarta: PT. Gramedia.
Falani, A. Z., & Ekawati, P. L. (2015). Pemanfaatan Teknologi Game Untuk Pembelajaran Mengenal Ragam Budaya Indonesia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah: Lintas Sistem Informasi dan Komputer (LINK), 22(1).
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryo, M. S. (2004). Pemahaman Persepsi Lintas Budaya.
Indi, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kecamatan Rappocini Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Luqman Santoso. (2016).”persepsi masyarakat umum terhadap perbankan syariah (studi kasus di kabupaten semarang)”,Skripsi.semarang:Prodi Perbankan syariah,IAIN Salatiga.
Machmud & Rukmana. (2017). Bank Syariah Teori, Kebijakan dan Studi Empiris di Indonesia, Jurnal Kajian Ekonomi Islam, Vol. 2, No. 1, Januari-Juni.
Maryamah, E. (2017). Pengembangan budaya sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(02), 86-96.
Merriam. (2021). Knowladge. Retrieved from Merriam-Webster: http://www.merriam-webster.com
Miftakhur, R. S., & Wahyuni, S. (2016). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Minat Menabung di Perbankan.
Mujaddid, F., & Nugroho, P. T. A. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Lingkungan Dan Religiusitas Terhadap MinatPelajar Sekolah Menengah Kejuruan Prodi Perbankan Syariah Dalam Menabung Di Bank Syariah. 10, 24.
Negara, S. (2008). Undang-Undang No. 21 Tahun 2008 Tentang Perbankan Syariah. Jakarta: Sekretaris Negara.
Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta. 2012. Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta
Nurdin, Muhammad. (2004). Kiat Menjadi Guru Profesional, Prismasophie, Jogyakarta.
Oriesta dhea Budi Utamy. (2019). ”Pengaruh Pengetahuan Bank syariah, Promosi, dan Fasilitas terhadap keputusan Menabung di Bank syariah dengan Minat Menabung Sebagai Variabel Intervening(Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto Tahun Angkatan 2016/2017)”,Skripsi.Semarang: Prodi pendidikan ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Purnomo, R. A. (2016). Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan SPSS. CV. Wade Group bekerjasama dengan UNMUH Ponorogo Press.
Purwaningsih, D. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah non muslim dalam menggunakan jasa perbankan syariah (studi pada bank syariah wilayah Tangerang Selatan) (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi Tantang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk di BNI Syariah Semarang. Jurnal ADDIN. 8 (1). 6-7.
Robbins, P. S. (2017). Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Santoso, Slamet. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sarwono, Sarlito W. (2009). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pres.
Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi. Jakarta: Prenada Media.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta:Jakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhendroyono. (2016).budaya adalah gabungan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan juga hasil karya dari seseorang dalam rangka untuk kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari seseorang dengan cara belajar.
Sukmadinata, N. S. (2010). Pengembangan model pembelajaran terpadu berbasis budaya untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya lokal. Cakrawala Pendidikan, (2), 81228.
Surya, Muhammad. (2003). Psikologi Konseling. Pustaka Bani Quraisy:Bandung.
Umar, H. (2013). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis.
Uniyanti. (2018). ”faktor-faktor yang memengaruhi minat nasabah menabung dibank syariah( studi pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam uin alauddin makassar)”, skripsi. Makassar: prodi Ekonomi islam, UIN Alauddin Makassar.
Wijayanti, E.Y. (2019). Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Pada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo.IAIN Ponorogo. Skripsi.