Pengaruh Pengetahuan Produk, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung di KSPPS BMT Mitra Mandiri, Wonogiri
Keywords:
product knowledge, promotion, service quality, interest in savingAbstract
This study aims to examine and analyze the effect of product knowledge, promotion and service quality on interest in saving at KSPPS BMT Mitra Mandiri, Wonogiri. This research uses a quantitative descriptive approach. The technique collected is in the form of primary data by means of a questionnaire which is distributed to the respondents which is called a questionnaire. Data collection technique using simple random sampling technique. Simple Random Sampling or commonly abbreviated as random sampling is a sampling method in which each member of the population is given the same opportunity to be selected as a sample. This study uses the validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and uses t and f tests and determination tests. The results of this study indicate that the Product Knowledge variable has a significant effect on the intention to save, the Promotion Variable has no significant effect on the intention to save and the Service Quality Variable has a significant effect on the intention to save at KSPPS BMT Mitra Mandiri, Wonogiri.References
A. Wasis Efendi, R. S. (2019). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pamulang Barat Dalam Menghindari Riba Melalui Sosialisasi Perbankan Syariah. Jurnal Hukum Ekonomi , 2-9.
Asnawi, Nur & Muhammad Asnan Fanani. 2017. Pemasaran Syariah: Teori, Filosofi, Dan Isu-Isu Kontemporer. Depok: Rajawali Pers.
Astusti, Sri. 2015. Analisis Bauran Promosi Dalam Peningkatan Jumlah Mahasiswa Baru Di Fkip Uhamka Jakarta. Jurnal Utilitas Vol.2 No 1 April 2015 Issn: 2442-224x.
Astuti, Tri Dan Indah Mustikawati.2013. Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi Dan Kuantitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah. Jurnal Nominal 2 (1) .
Badudu JS Dan Zain. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan Bahasa Indonesia.
Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.
Diana, S. M. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Anggota Menabung Di BMT Bina Umat Sejahtera Kalijambe . 1-105.
Dongoran, F. (2021). Peran Komunikasi dan Konflik DalamUpayaPeningkatanKinerja Karyawan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora, 1090 - 1093.
Ghozali, Imam .2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Cetakan Ke-8, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Haerisma, A. S. (2014). Pengantar Reksa Dana Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syari'ah, 1-16.
Hamdun, E. K., & Romadhoni, D. A. 2016. Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Took Roti Fatimah Bakery Di Situbondo. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
http://Jurnal.Upyk.Ac.Id/Indo.Php/Semnasif/Article/View/1229
Jauhari, Rahman. (2017). Efisiensi Dan Efektivitas Penggunaan Modal Kerja Pada Koperasi Syariah Di Kota Banda Acah Tahun 2011-2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), Vol. 20 No.3
Kotler, Philip. 2009. Manaj emen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo
Laksana, M. F. )2019).Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar
Muhammad . 2014 . Manajemen Dana Bank Syariah . Jakarta: Rajawali Pers
Muhammad Abdi Syakir, M. S. (2021). Analisis Implementasi Akad Murabahah pada Pembiayaan Modal Usaha Mikro. Journal Of Sharia Ekonomics, 137-145.
Muhammad Syafii Antonio.2015. Bank Syariah Dari Teori Praktek. Jakarta: Gema Insani.
Murtani, Alim. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung, Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 (SINDIMAS 2019)
Mustofa,Rasti. (2015). Psikologis Pendidikan. Parama Ilmu: Yogyakarta
Nurhanifah, A., & Sutopo. 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Of Management.
Nursanti, Septian Diyah. 2016. Pengaruh Implementasi Corporate Social, Responbility Dan Citra Perbankan Terhadap Loyalitas Nasabah Skripsi Iain Salatiga
Nurudin, H. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Persepsi Religiulitas Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 143 - 156.
Pangestika, Z W. (2019). Pengaruh Pengetahuan Santri, Lokasi dan Fasilitas Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Nassabah Memilih PT Bank Sulut 60 Cabang Utama Manado. Jurnal Emba
Permadina Kanah Arieska, N. H. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 166-171.
Prastiwi, I. E. (2018). Pengaruh Persepsi Anggota Pada Sharia Compliance, Komitmen Agama dan Atribut Produk Islam Terhadap Customer's Trust yang berdampak pada Keputusan Menggunakan Jasa Lembaga Keuangan Syariah . Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 28-40.
Ratnasari, A. H. (2018). Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Pelayanan, Produk, dan Religiusitas terhadap Minat Nasabah untuk Menggunakan Produk Simpanan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 136 - 147.
Ridha. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 62-70.
Sofyan, W. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Kualitas Pelayanan, Promosi terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Sidrap. Jurnal Ekonomi Islam, 17-44.
Sudarsono, Heri. (2013). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah Deskripsi Dan Ilustri . Yogyakarta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,Bambang: Alfabeta.
Sugiyono .(2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D,Bambang: Alfabeta.
Suharso dkk. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Lux. Semaramg: CV Widya Karya
Sujadi, E P S. (2016). E-Banking Urgensi Aspel Trust di Era E- Service
Sukandar, R. (2018). Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Gadjah Mada University Perss.
Suliyanto. (2013). Ekonomi Terapan - Teori & Aplikasi SPSS. Yogyakrta: ANDI Yogyakarta.
Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pranada Media Groub.
Tho’in, M. (2011). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa. Jurnal Muqtasid, 73 - 89
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa Prinsip/Penerapan Dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, dkk. 2008. Strategi pemasaran edisi ketiga,Yogyakarta: penerbit andi
Yamit, Zulian, 2002, Manajemen kualiras produk dan jasa, Yogyakarta: EKONOSIA
Zulfaa, N. (2018). Bentuk Maisir Dalam Transaksi Keuangan. Jurnal Hukum Ekonomi, 1-14.