Analisis Strategi produk, Harga dan Promosi Hotel Syariah Terhadap Loyalitas Konsumen di Era Pertumbuhan Hotel Konvensional di Solo

Authors

  • Dilah Kurniawati Fakultas Ekonomi Bisnis, Intitut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Sumadi Fakultas Ekonomi Bisnis, Intitut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Iin Emy Prastiwi Fakultas Ekonomi Bisnis, Intitut Teknologi Bisnis AAS Indonesia

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Loyalitas Konsumen

Abstract

Pertumbuhan sektor jasa sangat signifikan dan memiliki prospek yang bagus terutama pada sektor perhotelan. Kondisi ini membuat persaingan menjadi semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk, harga dan promosi terhadap loyalitas konsumen di Syariah Hotel Solo. Sampel pada penelitian ini adalah 97 responden Syariah Hotel Solo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan kuisioner. Metode yang di gunakan adalah medote kuantitatif meliputi uji validitas, reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa produk, harga dan promosi begitu berpengaruh terhadap loyalitas konsumen yang pernah menginap di Syariah Hotel Solo berdasaran hasil reponden konsumen menjadi salah satu strategi pemasaran untuk menarik konsumen agar menggunakan produk dan kembali lagi lagi sehingga menimbulkan pemesanan yang lebih banyak dari sebelumnya dan meningkatkan tingkat hunian hotel. Teknik yang digunakan deskriptif kuantitatif yang menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan study pustaka. Adapun pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Adapun hasil penelitian menyimpulkan bahwa Produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap Loyalitas konsumen. Secara simultan Produk, Harga dan Promosi berpengaruh Terhadap Loyalitas Konsumen dimana F hitung > F tabel sebesar 68,896 ˃ 2,71. Adapun nilai determinasi (R2) sebesar 57,6%.

References

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2013). Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga

Dr. Sandu Siyoto, S. M. (2015). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publising.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. . Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sheth & Mittal. (2004). "Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko, atau pemasok berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang konsisten"

Wijatmoko, Andri. (2016). “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian Hotel Syariah”. Fak Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Downloads

Published

25-06-2023